FALKTALE
Cerita Rakyat
Untuk memahami cerita rakyat maka kita perlu mempelajari teks narasi (narative text). Dengan demikian para siswa dapat menguasai bagaimana membaca dan membuat cerita rakyat dengan teks narasi.
Narative Text
Teks
Narasi
Pada pelajaran ini para murid SD kelas 6 diharapkan menguasai narrative text sehingga mereka dapat bercerita tentang
suatu cerita, seperti cerita dongeng (folktale) dalam bahasa Inggris.
Apakah
yang dimaksud dengan folktale? Folktales adalah cerita rakyat tradisional atau
cerita dongeng yang biasanya diceritakan turun temurun dari mulut ke mulut.
Narrative
text mempunyai 3 tahapan struktur cerita:
1.
Orientation
Bagian Orientation berisi tentang pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang tempat dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana)
Bagian Orientation berisi tentang pengenalan tokoh-tokoh, latar belakang tempat dan waktu dari cerita. (siapa, apa, kapan, dan dimana)
2.
Complication
Pada bagian ini masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada cerita tersebut.
Pada bagian ini masalah-masalah mulai muncul dan harus di selesaikan oleh tokoh utama pada cerita tersebut.
3. Resolution
Resolution adalah dimana cerita berakhir. Pada bagian ini masalah terselesaikan oleh si tokoh utama. Dalam bagian Resolution juga biasanya mengandung pesan moral atau nasihat.
Resolution adalah dimana cerita berakhir. Pada bagian ini masalah terselesaikan oleh si tokoh utama. Dalam bagian Resolution juga biasanya mengandung pesan moral atau nasihat.
Contoh 1:
THE WOLF AND THE LAMB
A lamb was grazing with a flock of sheep one
day. She soon found some sweet grass at the edge of the field. Farther and
farther she went, away from the others.
She was enjoying herself so much that she did
not notice a wolf coming nearer to her. However, when it pounced on her, she
was quick to start pleading, “Please, please don’t eat me yet. My stomach is
full of grass. If you wait a while, I will taste much better.” The wolf thought
that was a good idea, so he sat down and waited.
After a while, the lamb said, “If you allow me
to dance, the grass in my stomach will be digested faster.” Again the wolf
agreed. While the lamb was dancing, she had a new idea. She said, “Please take
the bell from around my neck. If you ring it as hard as you can, I will be able
to dance even faster.
The wolf took the bell and rang it as hard as
he could. The shepherd heard the bell ringing and quickly sent his dogs to find
the missing lamb. The barking dogs frightened the wolf away and saved the
lamb’s life.
SEMESTER 1
Direction and Location
Holiday
Describing People and Object
Shopping
Possession